14 Feb 2011

PENJELASAN RENDERING

Rendering adalah proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam scene termasuk geometri, material, cahaya, lingkungan serta efek-efek yang terdapat didalamnya.Dalam sebuah gambar output dari scene 3d atau suatu object, Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.Rendering telah digunakan dalam arsitektur,vidio game, simulator, film dll. Dalam hal grafis 3D, rendering bisa dilakukan perlahan-lahan, seperti pada pra-rendering, atau secara real-time. Pra-rendering adalah proses komptasi secara intensif yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, sedangkan real-time rendeering sering dilakukan untuk 3D video game yang mengandalkan pada penggunaan kartu grafis dengan akselerator 3D hardware.

Fitur fitur rendering

* Shading : bagaimana warna kecerahan permukaan bervariasi dengan
pencahayaan
* Tekstur mapping : suatu metodepenerapan detail pada permukaan
* Bump-mapping : suatu metode simulasi skala bumpiness kecil pada
permukaan
* Fogging/participating medium : bagaimana cahaya meredup
* Shadows : efek menghalangi cahaya
* Soft shadows : efek gelap yang disebabkan oleh tertutupnya setengah
sumber cahaya
* Reflection : seperti cermin dan bisa sangat mengkilap
* Transparency (optics),transparency (graphic) or opacity: transmisi cahaya
yang tajam melalui benda padat
* Translucency : transmisi cahaya yang tersebar melalui benda padat
* Refraction : cahaya yang terkait dengan transparansi
* Diffraction : penyebaran dan interferensi cahaya yang lewat suatu obyek yang
mengganggu sinar
* Indirect illumination : permukaan diterangi cahaya yang diapantulkan dari
permukaan lain
* Caustics (a form of indirect illumination) : pantulan cahaya dari obyek yang
mengkilat
* Depth of field : obyek yang kelihatan buram atau tidak fokus ketika terlalu
jauh di depan atau di belakang obyek dalam fokus
* Motion blur : obyek yang terlihat kabur karena kecepatan gerak tinggi atau
gerakan kamera
* Non-photorealistic rendering: render dengan gaya artistik atau dimaksudkan
untuk terlihat seperti sebuah lukisan atau gambar

0 komentar:

Posting Komentar