4 Feb 2011

nVidia vs ATI Radeon

Graphic card nVidia dan ATI Radeon agak susah menentukan mana yang lebih cepat, karena sama2 memiliki keunggulan dan kekurangan. Secara arsitektur card GeForce dan Radeon memiliki perbedaan. GeForce memiliki stream processor yang lebih sedikit dibanding Radeon karena instruksi yang diproses pada chip GeForce lebih banyak ketimbang Radeon. Jadi GeForce mengefisiensikan jumlah chip stream processor dengan instruksi yang lebih banyak dalam 1 chip, sedangkan Radeon mengefisiensikan instruksi pemrosesan yang lebih sederhana (sedikit) dengan menambah jumlah chip stream processor.
Makanya dalam test benchmark beberapa card Radeon yang 128-bit bisa menyamai kecepatan GeForce yang 256-bit. Karena keunggulan Radeon adalah karena banyaknya stream processor jadi tidak butuh bandwidth bit yang sangat besar dibanding GeForce dan pasti harganya lebih murah. Kekurangnnya adalah dengan banyaknya stream processor so pasti lebih panas, sehingga butuh cooling fan yang gede.
Bila dibandingkan pada saat digunakan graphic card ATI Radeon biasanya menampilkan gambar yang lebih tajam dibanding GeForce dengan resolusi dan kedalaman warna yang sama, tetapi GeForce lebih halus gambarnya (smooth). Kalau kecepatan itu relatif karena tergantung dari cpu dan aplikasi yang digunakan. Bisa Radeon lebih cepat atau GeForce lebih cepat.
Lepas dari itu karena Radeon menampilkan gambar yang lebih tajam, makanya sering digunakan untuk workstation grafis dan desain. Sedangkan GeForce lebih banyak digunakan untuk game. Makanya vendor game lebih banyak mensupport GeForce ketimbang Radeon dengan memanfaatkan CUDA dan PhysX.
Bagi gamer pasti lebih menyukai GeForce karena banyak game yang support dan pasti tidak bermasalah pada saat instalasinya.
Bagi kita user yang ingin beli graphics card memang paling susah mennetukan mana yang bagus, tapi perlu diingat kita membutuhkan vga card yang kalau dipakai untuk kencang dan ringan di dompet. Sehingga bisa ikuti tips berikut dalam menentukan vga card yang ingin dibeli :
1. Pastikan resolusi monitor apa yang dipakai serta kedalaman warnanya (16 bit atau 32bit). Karena dalam penggunaan sehari-hari kita tidak mungkin atau tidak pernah menggunakan resolusi 1600x1200 atau 2048x1280 atau yang lain kecuali monitornya mendukung sehingga kemampuan benchmark kencang pada resolusi tersebut hanya percuma tidak pernah dipakai.
2. Tentukan game jenis apa yang bakal dimainkan, sebagai contoh bila main Crysis tidak nge lag berarti harus 30fps ke atas kemampuan vga cardnya. Mata manusia hanya dapat melihat maximum 30fps sehingga kalau vga card nya dapat menampilkan 60ps tetap saja kita melihatnya 30fps jadi sisanya hanya wasted dengan harga vga card yang pasti mahal.
3. Harga yang pas dikantong. Vga card dengan harga 600 - 900rb adalah range yang most bang for the buck. Bila ada duit lebih mungkin bisa pilih yang harganya 1jt - 1,5 jt. Di bawah 600rb biasanya vga card tidak begitu kencang performanya. Percuma mengeluarkan uang sampai 3 atau 6 juta untuk sebuah vga card karena hanya agar puas dalam benchmarking (siapa juga yg kerjaannya benchmark terus gak pernah kerja) , padahal dengan vga card hanya 1 jt dapat memainkan game favorit kita dengan mulus.

kalo ATi menang di harga yg lebih 'murah', hemat daya dan kinerjanya bagus, cocok buat agan2 yg suka nonton HDMI, photosopan, edit film atau program 3D juga udh cukup. Kalau agan pecinta game dan mementingkan tampilan gambar yg ciamik, pake NVidia selain emang dari sisi tampilan game NVidia banyak keunggulan (Physix) juga banyak game2 besar yg NVidia branded.
ada beberapa software yg tergantung ama Nvidia, misalnya ama CUDA nya atau ama Physix nya, yg kaya gini ga ada pilihan lain selain harus pakai Nvidia. Untuk driver dan tools2 tambahan keduanya hampir sama lah, sama2 punya kemampuan multimonitor, 3D stereoscopic, tool buat overclock dll. yg di NVIDIA biasanya di install terpisah sedangkan di ATI udah di paketin dalam 1 software (tentu aja ada pilihan untuk driver aja di halaman download nya).
untuk perang antara ke-2 nya juga bagus buat kita konsumen, karena perkembangan yg cepat berarti harga yg bersaing. sedangkan hubungannya ke processor mah, mungkin gak gitu2 amat gan, walaupun Intel ama NV pernah gontok2an gara2 si NV bilang komputer masa depan ga butuh CPU - cukup GPU aja, atau Intel pernah iseng2 masuk pasar GPU bikin VGA baru yg akhirnya tertund walau sebenarnya proposalnya bagus banget (realtime raytracing). Juga walaupun AMD punya ATI dan processor sendiri, belum ada yg lapor bahwa pake proc AMD + vga ATI bakal ngebut gamenya atau lainnya.
agan2 sekalian, jujur ane masih bingung mau nentuin pilihan dalam urusan VGA Card buat laptop. Karena, di thread ini belum dibahas tuntas sampe detail dan jelas dan ane belum berhasil nemuin jawabannya di forum hardware computer

Jujur, yang bikin bingung adalah:
1. Katanya, klo processor nya Intel, maka VGA Card yang cocok itu nVidia
Bener gak?
(ane punya temen, dia punya laptop asus yg Core i5 dengan VGA Card ATi Radeon HD xxxx (seri nya lupa)
dan, menurut dia sih banyak masalah jadinya. Terutama, kalo udah urusan game dan grafis)

2. ATi Radeon cuma cocok ama processor AMD
Bener gak?
(ane liat, banyak laptop yang processornya AMD dengan VGA Card ATi.
Tapi, blum pernah liat processor AMD yang VGA Card nya nVidia)

3. Bener gak sih ATi Radeon itu panas banget?
soalnya, pernah liat di laptop temen yang pake ATi Radeon (seri nya lupa), dia ngukur suhu di dalem laptop nya pake CPU-Z
dan, hasilnya parah...
VGA Card nya nyentuh suhu diatas 100 derajat celcius

4. (sambungan dari no.3)
kalo di laptop, itu pengaruh ke pemakaian baterai gak?
(soalnya, setau ane, makin panas, makin boros baterai
karena kipas bawaan laptop akan makin berusaha untuk menurunkan suhu (mendinginkan) VGA Card secara khusus dan laptop secara umum (keseluruhan))

jawab
1. ga juga gan.. ane pake core i3 berVGA ATI 5470.. lancar jaya ga da masalah.. itu pas "beruntung" dapet bonus masalah...
2. kl prosesor AMD 99% pake ati(untuk laptop) soalnya ATI dibeli ma AMD... thn dpan ATI Radeon ganti jadi AMD Radeon
3. Panas pa nda, tergantung pemakaian dan kondisi... ane pake 2 laptop dgn 2 brand yg berbeda.. relatif stabil kl yg sekarang mah..
4. Kl buat laptop, pasti pengaruh ke batere.. CUMA.. bukan karena panas.. tapi mmg pemakaian dedicated VGA membutuhkan resource yg lbh tinggi.. jd lbh nyedot daya(dibanding VGA OB)

Memory CPU atau PC tidak ada hubungannya dengan memory VGA. Bila memory CPU memiliki tipe DDR2, maka kita masih bisa dapat menggunakan VGA card dengan memory DDR5 atau DDR3.

VGA card memiliki beberapa tipe memory yaitu DDR, DDR2, DDR3, GDDR, GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5 dan sebagainya. DDR dan GDDR memiliki perbedaan pada kecepatan. GDDR merupakan memory yang didesain khusus untuk vga card sehingga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari DDR (memory yang sama dipakai untuk PC) tetapi kecepatannya biasanya hanya antara 10-30% lebih cepat, kekurangannya GDDR lebih mahal ketimbang DDR.

Untuk masalah angka dibelakangnya DDR2, DDR3 atau DDR5, itu adalah untuk kecepatan maksimum memory 2 berarti 2 X kecepatan dasar memorynya (memory clock), 3 berarti 3 X kecepatan dasar memorynya atau 5 berarti 5 X kecepatan dasar memorynya.

Sebagai contoh :
Bila suatu VGA card memiliki Core clock = 600MHz dan Memory clock = 700 MHz, dan card tersebut memakai DDR3 berarti kecepatan maksimum memorynya adalah 2100 MHz.

Angka perkalian ini notabene menjadikan vga card tersebut semakin cepat, vga card yang menggunakan memory GDDR5 pasti lebih cepat dari pada yang menggunakan GDDR3 pada core clock dan memory clock yang sama.

ane lebih milih ATI gan, ane pernah punya NVIDIA ga sampe 2 tahun udah rusak.. yang ATI udah 6 tahun lebih masih gpp..
apalagi ATI ada open source driver buat linux, tambah seneng deh

Tapi bener tuh temen saya juga ada punya nVidia GeForce 8800 juga 2 tahun jebol (akhirnya dia beralih ke ATI Radeon HD 4870). Saya punya vga lama HIS ATI Radeon X1650 Pro sudah 2 tahun masih oke2 saja dan PowerColor ATI Radeon 9600 Pro AGP sudah 4 tahun masih saya pake untuk PC yang lama (walaupun fannya jebol, saya ganti pake fan casing yang gede ha ha ha, gak punya fan vga soalnya jadi comot aja yang ada).
Setau saya semenjak nVidia mengeluarkan tipe Riva TnT, GeForce, GeForce 2, GeForce 3, dan GeForce 4, vgacardnya masih bandel, gak kaya sekarang.
Kalau ATI Radeon jarang yang saya temui jebol, kecuali factory defect.

kalo menurut ane sih dua-duanya bagus gan
soalnya ane pemakai keduanya sampai saat ini
tinggal budgetnya aja, mau yang seri berapa ?
tergantung kebutuhan ama duitnya

16 komentar:

  1. merk yang pertma keluar pasti bagus {mungkn} tp trgntung kebutuhan...:D

    BalasHapus
  2. kalian blg bagus ati, gk mudah jebol.. apaan? buktinya punya ane jebol... baru 1 1/2 tahun. skrg ane lg mau beralih ke nvidia. soalny tmn deket ane yg sering ngegame bareng ama ane, dia pake nvidia.. pdhal dia dluan beli, ane belakangan.. tp yg rusak dluan ane.
    pdhal kami sama2 gilanya klo maen game.. bs berjam2 non stop.
    jd kesimpulan.. ati cepet panas, gk tahan klo maen game terlalu lama.
    klo nvidia.. klo ane liat, coolingnya lebih stabil...
    gk mudah jebol vga nya..
    sekian..

    BalasHapus
  3. Mungkin lu beli vga berchip ati yg harganya 300ribuan lol.

    BalasHapus
  4. ane beli vga nvidia dolo, udah 5 tahun masih lancar jaya aja, GeForce 9 series. kalo pake ati, boros listrik, panas terus kata temen ane, jadi banyak temen beralih ke vga Nvidia. nick maxi bener Nvidia lebih awet

    BalasHapus
  5. klo menurutku seh yang mna aja bagus, tergantung nasib waktunya rusak ya rusak aja namanya barang buatan manusia, gag usah ngolok2in orang yg beda pengalaman ama kita...

    BalasHapus
  6. Hellooooo......NVIDIA and ATI itu chipnya, jd bagus gknya VGA itu ya tergantung yang buat (merknya gitu...). NVIDIA and ATI bukan merk....ngono lho mas....piye sih.....

    BalasHapus
  7. AlloW.. saya buka Warnet 50 Pc..
    dah berjalan 2.7thn..
    pake ASUS, dan Shapire Ati Radeon 512M 64Bit...
    jarang rusak...
    dari 50 Pc ada 3 pcs yg rusak aja...
    cuma untuk pertimbangan..

    BalasHapus
  8. info yg bermanfaat bro... terima kasih..

    BalasHapus
  9. kalau untuk autocad,corel,photoshop,dll
    itu bgusan mana gan untuk tingkat kebeningan ny?ati ato nvidia
    ane gk mkir buat game, tpi ane mkir buat kerjaan.,

    BalasHapus
  10. kalo dari survey dari berbagai blog dan yahoo answer, ati radeon lbh bgs untuk desain, sedangkan nvidia untuk gaming. Tp klo kata salah satu toko di bec bandung dan beberapa orang kebalikannya...

    BalasHapus
  11. ijin copy artikelnya ya thanks for sharing :)

    BalasHapus
  12. Terimakasih untuk Radeon dan NVIDIA yang sudah bantu kita-kita untuk dunia workstation desain,grafis dan game. Walau ada banyak kelemahan diantaranya, itu akan membantu kita untuk mendukung pengembangannya.

    BalasHapus
  13. Artikelnya bagus mas, penyajian bahasanya pun mudah dimengerti. Lanjutkan.

    BalasHapus
  14. Pake nvidia Lumayan bagus dari pada Ati, vga temen ane jebol pake ati Yg harganya 2 jutaan padahal beli skitar 5 bulanan ane setahun pake aliance geforce seri 700 titanium gk ada keluhan hehe

    BalasHapus
  15. Siapa bilang Nvidia sama ati itu bukan pembuat nya, sotoi ni anonim. Nvidia sama ati itu brand (nama dari perusahaan pembuat vga card) sedangkan Asus dll itu kerjasama sama brand pembuat kartu grafis (Nvidia or ati), jadi yg buat vga tetep yg punya brand lah. Bukanya Asus buat sendiri. Inget cuma kerjasama.

    BalasHapus