14 Feb 2011

Pengertian Intel Centrino

Pengertian Intel Centrino....
Bertentangan dengan pendapat umum selama ini yang menganggap Centrino adalah processor notebook semata, Centrino sebenarnya adalah sebuah platform dengan komponen spesifik yang ditetapkan oleh Intel. Berbicara tentang Centrino berarti berbicara tentang platform yang terdiri dari processor, chipset, dan jaringan wireless. Sebuah notebook baru bisa disebut Centrino, apabila memiliki ketiga komponen diatas.

Platform sendiri menggambarkan sekelompok arsitektur hardware atau sebuah framework software yang mengizinkan software untuk dijalankan. Platform bisa berupa hardware, sistem operasi, bahasa pemrograman, atau GUI.

GENERASI CENTRINO
Sejauh ini, platform Centrino telah memiliki lima generasi. Platform Centrino generasi pertama, dengan codename Carmel, yang dirilis pada Maret 2003, dibangun berdasarkan CPU Pentium M (dengan core Barnias), chipset Intel 855 Express, dan jaringan wireless Intel PRO/Wireless 2100 (802.11b).

Pada Juli 2004, Intel meluncurkan generasi kedua dari platform Centrino, yang juga dikenal dengan codename Sonoma. Generasi ini didasarkan pada CPU Pentium M (dengan core Dotan), chipset Intel 915 Express, dan jaringan wireless Intel PRO/Wireless 2200 atau 2915ABG (802.11a/b/g).

Pada generasi ketiga, barulah kemampuan dual-core processing disematkan pada platform ini. Generasi ini juga dikenal dengan codename Napa, dilengkapi dengan processor Core Duo (core Yonah) atau Core 2 Duo (core Merom), jaringan wireless Intel 945 Chipset dan Intel PRO/Wireless 3945ABG (802.11a/b/g). Selain dual-core, terdapat juga platform Centrino Napa berbasis CPU Core Solo yang hanya memiliki core processing tunggal, seperti halnya pentium M. Namun sejak generasi ketiga ini, platform Centrino mulai disebut dengan Centrino Duo, untuk mengindikasikan CPU dual-core yang digunakannya.

Generasi keempat, dengan codename Santa Rosa, dibagi kedalam dua versi: Centrino Duo dan Centrino Pro. Perbedaan mendasar diantara keduanya adalah, Centrino Pro memiliki teknologi Remote Management berbasis hardware yang disebut Intel Active Management Technology (Intel AMT). Teknologi ini memungkinkan pengidentifikasian dan pemecahan masalah dari jarak jauh selama komputer terhubung dengan jaringan, meskipun dalam keadaan mati (selama sumber powernya masih ada). Sejak diluncurkannya Santa Rosa, sebuah komponen tambahan ditanamkan kedalam platform Centrino, yakni sebuah disk cache terintegrasi menggunakan flash memory untuk meningkatkan kinerja sistem, dan menghemat penggunaan baterai. Komponen ini disebut Intel Turbo Memory atau dikenal juga sebagai teknologi Robson.

Generasi kelima disebut Centrino 2, dengan codename Monteniva, juga memiliki dua versi: Centrino 2 dan Centrino 2 dengan teknologi vPro. Platform ini didasarkan pada processor Core 2 Duo atau Core 2 Quad processor 45nm (core Penryn), chipset seri Intel Mobile 4 Express (GL40, GS45, GM45, GM47 atau PM45), jaringan wireless Link seri 5000 yang mendukung koneksi hingga 450 Mbps (802.11 n). Generasi ini mensyaratkan penggunaan interface Gigabit Ethernet yang disediakan oleh sebuah chipset Intel 82567. Sementara versi vPro hanya mendukung keamanan vPro, dan teknologi remote management (versi baru dari Intel AMT).

0 komentar:

Posting Komentar