24 Feb 2011

Cairan perendaman pendinginan

Praktek yang tidak umum, untuk menenggelamkan komponen komputer dalam suatu cairan konduktif termal. Personal komputer yang didinginkan dengan cara ini umumnya tidak memerlukan penggemar atau pompa, dan dapat didinginkan secara eksklusif oleh pertukaran panas pasif antara bagian-bagian komputer, fluida pendingin dan udara ambien. Extreme superkomputer kepadatan komponen seperti Cray-2 dan Cray T90 digunakan cairan tambahan untuk dingin penukar panas cairan dalam rangka memfasilitasi pemindahan panas.

Cairan yang digunakan harus memiliki konduktivitas listrik yang cukup rendah agar tidak mengganggu operasi normal komponen komputer. Jika cairan agak elektrik konduktif, mungkin perlu untuk melindungi bagian-bagian tertentu dari komponen rentan terhadap gangguan elektromagnetik, seperti CPU [3] Untuk alasan ini, lebih disukai bahwa cairan akan dielektrik..

Cairan yang biasa digunakan dalam cara ini meliputi berbagai cairan diciptakan dan diproduksi untuk tujuan ini oleh 3M, seperti Fluorinert. Berbagai minyak, termasuk namun tidak terbatas pada minyak goreng, motor dan silikon semuanya telah berhasil digunakan untuk pendinginan komputer pribadi.

Penguapan dapat menimbulkan masalah, dan cairan mungkin membutuhkan baik untuk secara teratur diisi atau disegel di dalam kandang komputer. Cair juga dapat perlahan meresap ke dalam dan komponen kerusakan, terutama kapasitor, menyebabkan komputer awalnya fungsional gagal setelah jam atau hari terendam. [Rujukan?]

Minyak perendaman pendinginan

Taktik lain yang populer dan biaya perendaman yang efektif menggunakan minyak mineral. Minyak mineral sangat non konduktif dan tidak akan melakukan listrik bahkan ketika emulsi dengan Arctic Silver

Pengurangan limbah panas

Dimana kekuasaan penuh, komputer modern dengan fitur lengkap tidak diperlukan, beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan komputer kurang kuat atau komputer dengan fitur yang lebih sedikit. Sebagai contoh: dalam pengaturan kantor, departemen TI dapat memilih klien tipis atau workstation diskless sehingga memotong komponen panas-sarat seperti hard drive dan disk optik. Perangkat ini juga sering didukung dengan arus langsung dari bata catu daya eksternal yang masih limbah panas, tapi tidak di dalam komputer itu sendiri.

Komponen yang digunakan dapat sangat mempengaruhi konsumsi daya dan panas maka limbah. Sebuah motherboard VIA EPIA dengan CPU biasanya menghasilkan sekitar 25 watt panas sedangkan Pentium 4 motherboard biasanya menghasilkan sekitar 140 watt. Sementara pertama memiliki daya komputasi sangat kurang, kedua jenis tersebut memadai dan responsif untuk tugas-tugas seperti pengolah kata dan spreadsheet. Memilih monitor LCD daripada CRT juga dapat mengurangi konsumsi daya dan panas ruangan kelebihan, serta manfaat tambahan untuk meningkatkan meja ruang yang tersedia fisik.

Konduktif dan radiasi pendingin

komponen laptop Beberapa, seperti hard drive dan drive optik, biasanya didinginkan dengan meminta mereka melakukan kontak dengan bingkai komputer, meningkatkan luas permukaan yang dapat memancarkan dan sebaliknya pertukaran panas.

0 komentar:

Posting Komentar