24 Jan 2011

Kesimpulan dari data kerusakan masing masing harddisk

Seagate

* Seagate 500GB sampai 1.5TB tipe Barracuda 7200.11. Mencapai kerusakan 65% dari harddisk yang masuk ke StoreLab untuk diperbaiki atau diselamatkan datanya. Kerusakan terbesar pada Seagate 7200.11 terjadi pada Firmware yang rusak dengan menampilkan code 000000CC.
* Seagate tipe 7200.10, lebih tangguh dari 7200.11. Kerusakan hanya mencapai 35%.
* Kerusakan harddisk terjadi pada drive motor, khususnya pada as roda. Semakin besar jumlah platter akan memperpendek umur motor harddisk. Dan berakhir dengan matinya harddisk.
* Harddisk yang kerjanya berlebihan dan terus menerus, menjadi satu kategori dari penyebab harddisk mati. Tanda tanda harddisk mengalami kerusakaan pada bagian drive motor, harddisk akan mengeluarkan bunyi semakin keras dan bising ditambah getaran berlebihan.
* Seagate mencoba memperbaiki teknologi harddisk seri 7200. Dan mengeluarkan 7200.12 yang lebih handal.

Western Digital

* Harddisk 500GB ternyata tahan sampai 3.5 tahun. Sisanya sebesar 41% rusak adalah tipe 500GB keatas.Karena konstruksi platter lebih banyak biasanya lebih rentan rusak. Bahkan beberapa model rusak sebelum berumur 2 tahun.
* Ciri dari kerusakan Western Digital terletak ketika proses penulisan dan pembacaan data pada piring platter harddisk. Yaitu pada head harddisk yang rusak, dan menjadi ciri dari harddisk Western Digital.
* Kondisi lain adalah suhu harddisk. Kerusakan terjadi bila harddisk harus bekerja pada suhu 45 derajat lebih. Harddisk menjadi kepanasan.
* Western digital membuat harddisk dengan daya tahan gunjang lebih baik. Membuat sistem poros motor yng dibuat terpisah dengan penutup harddisk. Jangan pernah menutup lubang pada harddisk Western Digital. Secara unit, harddisk Western Digital memang handal. Termasuk unit elektronik dan mekanik yang digunakan.

Fujitsu / Toshiba dan Samsung

* Sebagian besar model yang diperiksa untuk format 2.5 inch, khususnya harddisk untuk notebook. Rata rata umur harddisk dari 2 produsen ini mencapai 2 tahun.
* Masalah paling umum pada Toshiba / Fujitsu adalah penjepit tiang as drive dalam bentuk bantalan yang rusak karena umur pemakaian. Karena penutup yang ada sangat tipis terkikis, dan cairan pelumas terjadi penguapan. Hal ini membuat gesekan pada socket, lalu pecah dan mengerogoti bagian as roda.
* Kerusakan lain terjadi ketika head drive mulai mengesek dan merusak platter harddisk. Cirinya mudah, akan terdengar dengunan kecil seperti samar samar., lalu harddisk tidak akan terditeksi lagi oleh BIOS computer. Pastinya data didalam harddisk tidak dapat dibaca, alias hilang. Hal ini umumnya menjadi kejadian pada harddisk Samsung.

Dari 4 merek besar, harddisk terhandal adalah Hitachi.

Hal ini dikemukakan oleh StoreLab. 200 harddisk yang diterima dan diminta diperbaik menjadi catatan perusahaan perbaikan harddisk ini. Dan tidak satupun mengalami kegagalan kerja karena disain harddisk Hitachi sendiri.

* Semua kerusakaan yang ditemukan adalah kesalahan dari si pemakai.

Tetapi jangan menjadikan patokan bahwa data StoreLab menjadi paduan dalam memilih harddisk. Karena banyak faktor lain yang tidak terlihat oleh masyarakat umum. Angka kerusakan harddisk bisa lebih kecil atau bisa lebih besar lagi Mengingat penelitian ini dilakukan di negara Eropa timur , yang umumnya lebih dingin dan produk yang ada hanya dipasarkan dinegara tersebut.

Angka tersebut adalah kumpulan dan penelitian yang dilakukan oleh StoreLab atas harddisk rusak dan dicoba untuk dilakukan penyelamatan data oleh mereka.

from: titis

0 komentar:

Posting Komentar