19 Jun 2010

instalasi multimedia codecs (MP3, MP4, AVI, DiVX), java dan flash player di openSUSE 11.2

openSUSE 11.2 telah dirilis pada bulan November yang lalu, setelah dalam masa penantian panjang mendownloadnya, akhirnya selesai juga file iso sebesar 4 GB itu didownload. Setelah melakukan validasi checksum pada file tersebut akhirnya saya mem-burn file iso tersebut pada sekeping DVD. Kemudian saya melakukan instalasi pada mesin laptop saya yaitu Toshiba L40. Semua instalasi berjalan lancar, saya memilih desktop KDE karena saya sudah lama tidak memakai KDE.

Lumayan bagus juga ternyata, namun ada satu masalah yang menghambat yaitu saya tidak bisa memutar film dan lagu-lagu favorit saya yang sebagian besar berformat mp3, mp4, divx, avi dan sebagainya. Baik Amarok maupun Kaffeine tidak bisa memutar file-file tersebut. Mengapa?Karena openSUSE tidak menyertakan codec mp3, mp4, avi,divx dalam distribusinya disebabkan codec tersebut lisensinya tidak gratis.

Beberapa waktu yang lalu saya juga menulis instalasi codec mp3 pada Ubuntu dengan mudah. Namun Anda jangan patah semangat dulu, setelah melakukan googling saya menemukan beberapa tips salah satunya sebagai berikut :


Komputer Anda dipastikan harus terhubung dengan internet.

1. Jika Anda menggunakan KDE sebagai desktopnya download dan jalankan file ini.

2. Jika Anda menggunakan GNOME sebagai desktopnya download dan jalankan file ini.

3. Agar dapat memutar DVD download dan jalankan file ini.

Download dan jalankan file tersebut, jika Anda menemukan error seperti ini :



Pilih semua pada opsi pertama yaitu mengubah paket vendor dari ‘openSUSE’ ke ‘Packman’, kemudian klik OK — Try Again.


Setelah mendownload dan menjalankan file tersebut, openSUSE Anda kini mampu memutar dan memainkan file multimedia seperti :

Flash

Java

Latest Amarok (with MP3 Support) for KDE, or Helix-Banshee for GNOME users

Encrypted DVD (libdvdcss)

Extra XINE Codecs, for DivX/Xvid etc. (libxine1)

K3b with MP3 Support (k3b-codecs)

Win 32 Codecs (w32codec-all)

0 komentar:

Posting Komentar