19 Jun 2010

iPhone 4 dirilis oleh CEO Apple Steve Jobs



Dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) di San Francisco Amerika Serikat, CEO Apple Steve Jobs akhirnya memamerkan juga iPhone 4 pada Senin (7/6/2010) waktu setempat setelah sempat beberapa waktu yang lalu merupakan rumor bahkan prototipenya pun sempat bocor. Apakah sama dengan prototipenya yang sempat bocor tersebut?

“Hentikan saya kalau Anda pernah melihat ini,” kata Jobs saat memamerkannya di depan para developer yang hadir pada ajang tahunan itu. Jobs mencoba meyakinkan bahwa iPhone 4 masih fresh.

Smartphone generasi keempat buatan Apple ini hadir dengan resolusi layar lebih tinggi, baterai lebih awet, dan ukuran lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya. Tebalnya hanya 0,38 inci dibandingkan iPhone generasi sebelumnya yang sekitar 0,5 inci. Baterainya tahan 7 jam pada kondisi aktif atau 2 jam lebih lama dari sebelumnya. Lebar layarnya sama 3,5 inci, namun resolusinya empat kali lipat lebih baik.




Penampilannya sedikit lebih mencolok dengan lapisan kaca mengilap di bagian layar maupun punggungnya. Sisi-sisinya dikelilingi pelat stainless steel yang juga berfungsi sebagai antena. Kameranya 5 megapixel dan bisa merekam video dengan standar HD (high definition).

Di bagian depan kini ditambahkan kamera sekunder untuk video conference. Apple telah melengkapinya dengan aplikasi Facetime untuk melakukan video conferencing, namun sementara hanya bisa antar pengguna iPhone 4 dan lewat WiFi.

iPhone 4 bekerja dengan sistem operasi terbaru iPhone OS 4 dan akan tersedia mulai 24 Juni di AS dengan harga 199 dan 299 dollar AS dengan pilihan warna hitam dan putih.






Berikut rangkuman fitur-fiturnya dari okezone :

Desain yang diperbarui

Apple mengatakan iPhone 4 mengatakan ketebalan 9.3mm, atau 24 persen lebih tipis dari iPhone 3GS. Selain itu, mereka juga memasukkan kamera baru dengan lampu kilat LED hitam, kameranya juga hadir di depan dan di belakang ponsel ini.

Ada tombol volume baru, tombol mute, serta ditambah mikrofon kedua diatas untuk mematikan suara yang dianggap perlu. Sama seperti iPad, iPhone 4 ini menggunakan mikro-SIM, yang artinya pengguna haris memotong sim card yang lama untuk bisa memasukannya ke ponsel tersebut

Apple juga telah merekayasa tiga antena terintegrasi ke dalam desain: satu untuk Bluetooth, satu untuk WI-Fi dan GPS, dan satu untuk UMTS dan GSM.

Layar yang lebih tajam

Sebuah teknologi layar baru yang disebut layar retina menambahkan presisi lebih tinggi untuk iPhone. Ponsel ini mempunyai kepadatan resolusi 326 pixel per inci, itu dua kali lipat lebih tinggi dari iPhone 3GS yang hanya beresolusi 163 pixel per inci.

Tampilan baru adalah layar diagonal 3,5 inci dengan resolusi 960×640 pixel, atau memiliki empat kali lebih banyak piksel dari model sebelumnya. Dan rasio kontras 800:1 juga empat kali dari iPhone 3GS. Menggunakan teknologi layar IPS sama dengan iPad dan iMac untuk warna , kecerahan, dan sudut pandang yang jauh lebih baik.

Prosesor baru

Prosesor di iPhone chip A4 adalah yang terkecil dan memiliki manajemen daya yang baik. Apalagi Apple mendesain mikro-SIM untuk menghemat ruang, sebagian besar untuk baterai baru yang-digabungkan dengan chip baru agar kekuatan baterai 40 persen lebih lama. Perusahaan itu menyatakan waktu bicara naik dari 5 jam sampai 7 jam, 6 jam untuk browsing 3G; 10 jam browsing Wi-Fi, 10 jam video, 40 jam musik dan 300 jam waktu siaga.

Bahan iPhone menggunakan BFR yang bebas merkuri, PVC-bebas, dan terbuat dari bahan yang sangat mudah untuk didaur ulang.

Muncul dalam ukuran penyimpanan 32GB (sama dengan 3GS iPhone) dan mencakup quad-band HSPDPA / jaringan HSUPA dengan maksimal 7.2Mbps bawah dan 5,8 Mbps.,

Gyroscope

Jika selama ini iPhone 3GS dan generasi sebelumnya hanya menggunakan akselerometer, Apple menambahkan sensor giroskop pada iPhone 4. Sehingga iPhone 4 akan bisa mendeteksi 3 sumbu gerakan.

Sistem kamera baru

iPhone 4 memiliki kamera baru dengan resolusi 5 megapiksel dengan 5x digital zoom dan LED flash. Ia juga menambahkan mengcapture video 720p HD pada 30 frame per detik. Selain itu Apple telah membuat aplikasi iMovie agar bisa melakukan video editing dengan iPhone.

Dengan aplikasi itu, Anda dapat merekam atau mengedit video Anda (dan menambahkan foto juga). Anda dapat menambahkan judul, tema perubahan, dan gunakan musik dari iTunes library Anda.

iMovie untuk iPhone akan tersedia dengan harga USD5.

Video chat

Dengan dua kamera di depan dan dibelakang, Aplikasi ini muncul agar pengguna dapat melakukan perbincangan lewat video. Video chat bisa dilakukan antar iPhone 4 yang sama-sama tersambung ke internet lewat Wifi (tentunya, tak harus di satu area WiFi).

0 komentar:

Posting Komentar