2 Jul 2011

Segmentasi Pasar VGA :

Originally Posted by danimon
Klo liat review,tomshardware mnurut saya lumayan komprehensif.dijelasin dari arsitektur ampe jeroan2nya vga(parah)..

Tapi,masalahnya pada akhirnya kita kan ngeliat performa vga di game,bukan secara teori aja. jadi yg lebih esensial buat dibahas itu ya apa aja sih jeroan2nya vga yg ngefek ke performa game..
khusus buat seri 48 n 98+gt200,pertimbangannya:

1. Ati n nvidia punya pendekatan yg berbeda buat pasar game.ATI(dengan AMD sbg atasannya) lebih ngejar pasar mid-low end segment dgn menyediakan VGA MURAH.moto mereka bisa dibilang komputer untuk semua(teknologi massal).sedang nvidia lebih ngejar brand image n "performance crown".moto mereka,klo bisa bikin vga super kuenceng,org2 yg mau beli produk mid-low end akan langsung pcaya ama produk nvidia(orang-orang lugu-red).
sejauh ini bisa saya bilang keduanya sama2 sukses.ATI sukses bikin vga murah dgn ukuran(die size) n watt kecil n fitur bagus(HDMI with 7.1 audio bt HomTeaterPC) contohnya ya produk 4650,4670.nvidia juga sukses bikin vga super kuenceng yg efisien,juga yg edan spt gtx260,gtx295(yg baru).

2. Masalahnya kan ada di produk yg berada di perpotongan pasar itu tadi.simplenya,klo mau vga murah lebih kenceng ATI,klo mau vga mahal lebih kuat nvidia.klo vga tengah?nah,produk tengah2 ini,buat ATI adalah produk hi-endnya mereka(ingat,pasar mereka "rakyat jelata").sedang buat nvidia baru produk mid-endnya(seri 98).yang manakah yg paling woth it,mengingat masing2 punya penawaran menarik.ATI dengan dx 10.1(dgn fitur tessalation=lebih cepat ngeload polygon obyek yg rumit)+built in HDMI w/ audio,sedang nvidia menawarkan "eyecandy" physx n CUDA(ati juga katanya menjanjikan tandingan CUDA yaitu platform Stream dan sbg tambahan konsep fusion buat mereka yg pake all-AMD hardware).

3. Masing2 punya arsitektur yg berbeda..jadi punya kelebihan dan kekurangan yg berbeda pula.
HD 4850 punya 800 SPU,40texturing unit,16 ROPs.buat 4870, sebagai tandingan 448 bitnya gtx260,bandwith ditingkatkan pake DDR5
sedang nvidia 9800gtx punya 128 SPU,64texturing unit,16 ROPs.dan gtx260 punya 192SP,64TxturUnit,28ROPs,dan 448bit DDR3(gtx 260 pada dasarnya adalah gtx 280 yg ditutup 2 dari total 10blok pada corenya,sedang di GTX 216SP 1hanya 1blok yg ditutup,sehingga jadi 9blok).

0 komentar:

Posting Komentar