4 Mar 2011

Tentang Casing

PENGERTIAN CASSING
Cassing merupakan kotak komputer yang berisi processor, motherboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya.

FUNGSI CASSING
1. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja

2. Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.

3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.

4. Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu

5. Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.

Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:
1. Casing desktop
2. Casing tower

Casing Desktop
Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umumnya casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Casing Tower
Umumnya komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:

a. Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.

b. Middle tower
Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Drive Bay
Tempat yang disediakan untuk menyimpan harddisk, floppy disk atau perangkat tambahan lainnya pada casing.

airflow yang bagus itu gimana sih ,,?

sebenernya ada 2 metode bwt kita ngatur airflow,, yaitu :
1. Positive airflow, adl banyaknya udara segar dr luar casing buat masuk ke casing lebih besar atau sama dr pd udara yg keluar
2. Negative airflow, adl kebalikan dr positive airflow ..

terus, bagusan metode yg mana ,,?
itu tergantung dgn suhu tempat / ruangan dlm casing,, kl dlm ruangan ac, positive airflow cenderung lebih menguntungkan

positive air pressure

dalam memilih casing/chassis/case komputer, selain estetika, perlu dipertimbangkan jg disain pengaturan aliran udara di dalamnya. Tentunya supaya aliran udara di dalam casing bisa membantu mendinginkan komponen2 di dalamnya.

Salah satu cara pengaturan aliran udara yg baik adalah dengan membuat tekanan udara dalam casing lbh tinggi daripada udara luar. Dengan demikian secara alami udara dalam casing akan mengalir keluar casing. Istilahnya "positive air pressure".

Caranya adalah dengan membuat udara masuk ke dalam casing yang disedot menggunakan fan/kipas lebih banyak daripada udara keluar casing yang disembur menggunakan fan.

Jadi misal kalau total jumlah udara yg masuk menggunakan fan adalah 500cfm, maka total udara keluar menggunakan fan harus <500cfm.

Dengan demikian tekanan udara di dalam casing menjadi lebih besar dari di luar, tidak hanya dari mengembangya udara karena heat/panas dari komponen di dalam, tapi juga dengan bantuan kipas yg menekan udara baru dari luar ke dalam.
Di sini kipas memberikan pressure/tekanan sekaligus mengganti udara panas dalam casing dengan udara luar yg lebih dingin.

Kelebihan dari positive air pressure dibanding negative air pressure (negative air pressure terjadi bila terlalu banyak udara yg disedot keluar casing menggunakan kipas secara artifisial, hingga tekanan dlm casing < dari tekanan udara luar) adalah lebih bersihnya bagian dalam casing dari debu. Karena secara alamiah udara dlm casing akan terdorong keluar, termasuk dari celah2 yg sangat sempit sekalipun.

Adapun supaya debu tidak masuk dari kipas yg menyedot udara ke dalam, maka kipas tersebut wajib memiliki filter. Bila kipasnya tidak berfilter, maka tidak begitu ada gunanya memiliki tekanan udara positif.
selain itu, positive air pressure lebih mengoptimalkan pembuangan panas dari (misal) gpu/video card, karena udara panas yg mengalir kembali ke dalam casing dapat dicegah..

0 komentar:

Posting Komentar